Tips Mempersiapkan Pernikahan Agar Tidak Over Budget

investasi , cerdas , kebebasan hidup , dana pernikahan , bebas finansial

Menikah adalah langkah awal memasuki kehidupan sesungguhnya terutama bagi kaum cowok. Biasanya para cowok jika sudah memutuskan untuk menikah artinya dia sudah siap merelakan kebebasan hidupya sebagai lajang untuk hidup bersama dengan pasangannya.

Biasanya setelah mantap untuk melangkah ke jenjang pernikahan, langkah selanjutnya adalah mulai menentukan jumlah yang diperlukan untuk dana pernikahan. Dan seperti apa pernikahan yang diinginkan agar sesuai dengan budget yang dimiliki.

Antara impian dan budget terkadang mengalami bentrok. Pernikahan yang diimpikan dan bentrok dengan budget seringkali membuat pasangan akhirnya mengalami over budget dan menimbulkan masalah pasca pernikahan.

Yup, meninggalkan utang yang harus dicicil dan membuat pengeluaran dalam rumah tangga jadi membengkak, dan membuat kamu dan pasangan tidak bebas finansial. Ujung-ujungnya kalau hal ini tidak segera selesai, pasangan akan cenderung saling menyalahkan satu sama lain.

Nah gimana sih caranya agar pernikahan kamu tetap bisa berjalan sesuai dana yang dimiliki dan tidak over budget? Coba simak tips ini yah. Semoga membantumu

Siapkan jauh-jauh hari

Jika ada rencana untuk menikah, cobalah siapkan dananya dari jauh hari, minimal 2 tahun sebelum kamu menikah. Misalnya kamu ingin menikah 2 tahun dari sekarang, persiapkan dananya mulai dari sekarang.

Tentukan budgetnya

Diskusikan dengan pasangan kamu berapa budget yang akan digunakan. Dalam hal ini kamu harus mendapatkan angka yang pasti agar perencanaan keuangan jadi jelas. Tentukan berapa budget untuk undangan, cincin nikah, pakaian (gaun dan jasnya), make up, gedung dan catering, dekorasi, dokumentasi, hiburan, souvenir, transportasi, dll. Jika menggunakan jasa penghulu ini pun harus ditentukan mau langsung ke KUA atau mengundang mereka. Masukkan dana untuk KUA ini secara terpisah, begitujuga dengan budget yang lainnya.

investasi , cerdas , kebebasan hidup , dana pernikahan , bebas finansial

Investasi

Jika kamu memutuskan berinvestasi dari sekarang itu bagus. Tentukan besarnya investasi bulanan yang diperlukan untuk mencapai dana pernikahan tersebut. Tentukan juga produk investasi yang tepat. Misalnya dana pernikahan yang dibutuhkan kira-kira Rp 500 juta. Kompromikan dengan pasangan kamu, bagi dua dana tersebut. Setelah tahu berapa dana yang harus dimiliki, mulai pilih produk investasinya. Pilih produk seperti reksa dana atau emas jika ingin mendapatkan investasi yang lebih baik. Jika belum mengerti tentang produk investasi, kamu bisa mulai belajar dari simulator game investasi DBS Smart Money. Bukan hanya mengetahui produk investasi, kamu dan pasangan akan diajarkan cara mengelola investasi yang dipilih dengan cerdas.

Ada tabungan

Maksudnya kamu memastikan masing-masing di rekening tabungan ada saldo minimal 4x pengeluaran bulanan untuk biaya hidup berdua dengan pasangan pasca menikah

Jangan harapkan angpau

Yup, saat kamu ingin menikah jangan pernah mengharapkan angpau, karena belum tentu angpau yang kamu terima bisa mengembalikan dana pernikahan yang sudah dikeluarkan. Anggap saja angpau itu bonus pernikahan.

Dibaca 695 kali

Yuk Di-share BroShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>