Mengatur Keuangan di Masa PHK, Ikuti Tips Berikut

mengatur keuangan, tips keuangan, masa PHK, bebas finansial, kebebasan hidup, investasi

Dunia serasa runtuh begitu tahu perusahaan tempat kita mencari sesuap nasi memutuskan memberhentikan masa bekerja kita. Artinya kita di PHK. Siapapun tidak ada yang pernah membayangkan jika hal ini benar-benar terjadi.

Lalu bagaimana jika ini terjadi? Tenang dulu, jangan panik. Biasanya perusahaan yang melakukan PHK akan memberikan pesangon, apalagi jika kamu sudah cukup lama bekerja pesangon yang diberikan cukup lumayan. Contoh jika masa kerja kamu delapan tahun ke atas pesangon yang kamu terima 9 kali gaji.

Tapi selama masa PHK dan mendapat pekerjaan baru inilah tantangan terberat. Karena kamu harus pintar-pintar mengatur keuangan, karena tentu tidak setenang saat kamu masih ada pemasukan.

Berikut ini adalah tips yang dapat kamu praktekkan dalam mengatur keuangan saat masa PHK :

Mengatur Pengeluaran Rutin

Seharusnya sebelum terkena imbas PHK, kamu harus menyisihkan uang setiap bulan untuk dana darurat. Jadi selama masa PHK setidaknya kamu masih memiliki uang sampai setidaknya kamu mendapat pekerjaan baru lagi.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur pengeluaran rutin dengan menurunkan sedikit standar hidup. Jika yang biasanya kamu mengkonsumsi beras yang harganya di atas Rp 10.000 per kilogram, coba turunkan dengan mengkonsumsi yang lebih murah.

Jika kamu telah memiliki dana darurat namun hanya dapat mencukupi kebutuhan selama dua atau tiga bulan, dana pesangon yang diterima dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hingga enam bulan berikutnya. Sisihkan juga dana untuk ongkos transport mencari pekerjaan baru, karena ini penting.

Merubah Gaya Hidup

Jika biasanya kamu pergi bersenang-senang setiap akhir pekan, selama masa PHK lebih baik ganti dengan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di rumah. Atau jika memang ingin bersenang-senang dengan teman, cari teman dekat yang mengerti kondisi keuangan kamu.

Ajak mereka bersenang-senang tanpa perlu mengeluarkan uang, ke pantai atau taman kota misalnya. Refreshing tidak perlu yang mahal, jika ada yang lebih murah dan dapat membuat kamu menikmati kebebasan hidup selama masa PHK.

mengatur keuangan, tips keuangan, masa PHK, bebas finansial, kebebasan hidup, investasi

Lunasi Utang

Semoga sih tidak ada utang konsumtif yang membebani keuangan kamu. Tapi jika ada gunakan pesangon yang diberikan untuk melunasi utang konsumtif termasuk utang kartu kredit, segera lunasi. Jika kamu ada utang KPR atau kredit kendaraan kamu dapat menyesuaikan dengan sisa dana pesangon yang kamu miliki dengan besarnya cicilan utang yang harus dibayar.

Investasi dan Asuransi

Jika dana pesangon masih tersedia, alokasikan untuk investasi dan asuransi setelah mengalokasikan untuk pengeluaran rutin dan cicilan utang. Jika dana sisa pesangon jumlahnya sangat terbatas, cari asuransi jiwa yang dapat mengcover biaya pengobatan penyakit yang cukup parah.

Jadi kamu tidak perlu repot lagi memikirkan biaya pengobatan seandainya kamu terpaksa masuk rumah sakit karena terkena sakit parah. Kamu juga dapat menggunakan sebagian dana pesangon untuk investasi.

Tapi jangan sembarangan pilih investasi apalagi di masa PHK. Pilih investasi yang cocok, dalam hal ini harus likuid, sehingga dapat dicairkan jika dibutuhkan. Selain itu, hasil yang didapat harus dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan jangka panjang misalnya pendidikan anak, dan hasil investasi tersebut dapat membuatmu bebas finansial.

Itulah tips keuangan selama masa PHK, semoga bermanfaat dan kamu segera mendapat pekerjaan baru di tempat yang lebih baik dan sehat secara finansial.

Dibaca 456 kali

Yuk Di-share BroShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>