Gimana Mau Bebas Finansial Kalau Kebiasaannya Seperti Ini?

bebas finansial, investasi

Setiap tanggal tua pasti selalu mengeluh uang di dompet tinggal pas buat makan sehari-hari. Bahkan gak punya dana cadangan jika tiba-tiba sakit atau ada keperluan mendadak. Teman saya gajinya bisa dibilang cukup besar dibanding saya, bahkan untuk ukuran lajang sangat cukup. Dia tidak punya tanggungan apapun, tinggal dengan orangtua tidak seperti saya yang harus nge-kost.

Jika dihitung lagi gaji dia itu bahkan lebih untuk sebulan. Hanya ada beberapa kebiasaan dia yang membuatnya selalu merasa kurang bahkan minus setiap bulan. Jangankan untuk investasi, tabungan berjangka saja dia tidak punya.

Inilah beberapa kebiasaan yang seringkali membuat para lajang tak terkecuali teman saya itu minus setiap bulannya, coba cek apakah salah satunya ada di kamu :

Habiskan Gaji

Setiap habis terima gaji, yang ada di pikiran ada barang apa yang harus dibeli. Memang sih itu gak salah, tapi jika barang yang dibeli bukan barang yang penting pemborosan itu namanya. Coba mulai susun anggaran lebih efisien dan bijak, dan pastikan selalu ada uang yang tersisa di akhir bulan. Bila perlu buat rekening auto debet untuk tabungan berjangka yang hanya bisa diambil dalam tempo tertentu misalnya 1 tahun. Ini tabungan untuk jaga-jaga jika ada keperluan mendadak.

Hangout jadi kebiasaan

Menjelang weekend (Jumat malam) café dipenuhi pekerja yang ingin menghabiskan waktu karena hari Sabtu libur. Boleh saja, untuk melepas lelah karena habis bekerja 5 hari dalam seminggu, tetapi kalau setiap minggu seperti itu uang kamu bisa melayang tanpa pamit. Misal saja kamu menghabiskan Rp 300.000 sekali hangout, tiga kali saja uang kamu sudah melayang hampir Rp 1.000.000. Jika ingin hangout batasi jumlahnya, cukup bawa uang tunai misalnya Rp 150.000. Dengan begitu, kamu akan membatasi jenis makanan dan minuman yang terjangkau dengan keuangan kamu.

bebas finansial, investasi, kebebasan hidup, DBS Smart Money

Godaan kartu kredit

Tawaran kartu kredit sekarang menggiurkan banget, terutama tawaran diskon gila-gilaan. Diskon membuat barang yang dibeli jadi semakin murah. Tapi kartu kredit bukan pengganti uang tunai. Kamu sama saja dengan berhutang lebih dulu untuk mendapatkan barangnya dan dibayar belakangan saat kamu gajian. Lebih baik tidak beli kan? Jika memang kamu sangat membutuhkan kartu kredit, gunakanlah dengan bijak dan pastikan bukan untuk membeli barang yang tidak kamu perlukan. Gunakan untuk keperluan mendesak misalnya keluarga yang harus masuk rumah sakit karena sakit parah atau kecelakaan, dan kamu sedang tidak punya uang tunai. Pokoknya untuk keperluan yang benar-benar mendesak.

Gaya hidup yang mewah

Makan harus di resto mewah, café terkenal sampai belanja saja harus barang yang bermerk. Gimana kantong keuangan gak jebol tiap bulan? Jangankan bebas finansial, untuk bertahan sampai akhir bulan saja sulit. Jika keuangan kamu tidak memungkinkan jangan paksakan bergaya hidup mewah. Gaya hidup mewah seperti itu sangat mudah membuat kamu sulit menabung bahkan memiliki kebebasan finansial, dan menikmati kebebasan hidup yang sesungguhnya.

bebas finansial, investasi, DBS Smart Money

Belum pandai mengatur keuangan

Mengatur keuangan bukan hanya untuk yang sudah menikah atau berkeluarga saja. Tapi hal ini harus dilatih sejak kamu sudah mulai berpenghasilan bahkan seharusnya hal ini sudah dilatih sejak masih kecil saat baru menerima uang jajan pertama dari orangtua. Jadilah manajer keuangan bagi dirimu sendiri, dan belajarlah untuk mengontrol keuangan kamu setiap bulannya. Catat semua pengeluaran termasuk pengeluaran rutin kamu misalnya cicilan motor, atau biaya sewa rumah/biaya kost, sampai tagihan kartu kredit. Jangan buang nota pembelian barang dan usahakan semuanya dicatat dengan rapi, dan dimasukkan dalam satu file khusus dengan dilabeli nama bulan. Jika kamu punya penghasilan tambahan atau ada investasi kamu bisa buat itu dalam satu file khusus.

Apakah ada salah satu kebiasaan yang pernah kamu lakukan? Semoga artikel ini membantumu dalam mengelola finansial kamu setiap bulannya. Lebih bagus lagi kamu bisa belajar berinvestasi, dan kalau masih bingung dengan jenis investasi, coba saja download simulator game DBS Smart Money.

Dibaca 697 kali

Yuk Di-share BroShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>