Tips Mempersiapkan Keuangan Menjelang Usia 40 Tahun

Tips Mempersiapkan Keuangan Menjelang Usia 40 Tahun

Umur setiap manusia pasti akan bertambah, tapi apakah keuangan kita sudah siap jika nantinya umur kita akan tiba di 40 tahun? Apakah di umur 40 tahun nanti kita sudah bisa merasakan kebebasan finansial atau malah masih saja bekerja keras siang malam karena kita tidak mempersiapkan keuangan dengan baik? Pertanyaan tersebut merupakan pilhan bagi kita sendiri. Apalagi sebagai seorang pria tentu tidak hanya memikirkan kesejahteraan untuk dirinya sendiri saja tapi juga keluarga dan masa depan anak-anaknya. Kita memiliki kebebasan memilih untuk mempersiapkan keuangan di usia 40 tahun atau dibiarkan mengalir begitu saja.

Tidak ada kata terlambat dalam menyiapkan keuangan di masa mendatang. Apalagi mempersiapkan keuangan di usia 40 tahun. Saat menginjak usia 40 tahun, seorang pria akan mengalami perubahan fisik, energi yang sudah tidak prima seperti waktu muda, emosional, dan tentu saja finansial. Seorang pria harus mengambil langkah persiapan keuangan yang tepat agar kebebasan finansial di masa pensiun bisa diraih.

Berikut tips menghadapi masa pensiun, sebagaimana dikutip dari Daily Finance

Pelajari persiapan keuangan

Saat berusia 40 tahun ditambah dengan berkeluarga maka akan banyak alokasi belanja setiap bulannya seperti cicilan KPR, kendaraan, pendidikan anak, dan kebutuhan sehari-hari. Nah, Anda bisa mulai memprioritaskan pos dana mana yang harus dibiayai dan mana yang harus segera dihentikan. Dengan menghentikan pos yang bukan prioritas akan bisa mengurangi hutang-hutang Anda. Lunasi secepatnya berbagai kewajiban tersebut, lalu ubah pinjaman yang berbunga tinggi menjadi pinjaman berbunga rendah.

Targetkan perolehan dana pensiun

Sejumlah konsultan keuangan di Amerika Serikat umumnya menyarankan saat usia Anda mencapai usia 40 tahun maka simpanan dana pensiun Anda harus mencapai dua kali lipat dari pendapatan tahunan. Hal tersebut bukanlah patokan baku karena semua tergantung dari perusahaan yang mempekerjakan Anda. Setiap orang pasti memiliki target pensiunnya masing-masing, mulailah dengan berkonsultasi dengan perencana keuangan demi memperoleh masukan yang terbaik dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Perbesar alokasi dana investasi dan pensiun         

Jika hitungan dana pensiun Anda ternyata masih berada di bawah target yang diimpikan maka mulailah memperbesar tabungan setiap bulannya. Anda juga bisa memulai menyisihkan sebagian uang untuk diinvestasikan seperti reksa dana atau instrumen investasi lainnya. Sebaiknya, pastikan tabungan Anda apakah memungkinkan untuk menambah tabungan maupun investasi.

Mulailah sekarang juga

Berapa pun usia Anda jika belum memiliki tabungan untuk usia 40 tahun maka bisa memulainya saat ini juga. Anda sudah harus memiliki rencana untuk menghadapi masa pensiun dan tabungan yang cukup menghadapi usia 40 tahun sehingga jika saatnya tiba Anda bisa menjalaninya dengan kebebasan finansial.

Melalui perencanaan keuangan yang matang maka Anda tidak perlu lagi was-was menghadapi usia 40 tahun dengan kebebasan finansial.

Anda bisa merasakan simulasi mengelola keuangan sekaligus investasi secara riil melalui game edukasi yang menyenangkan dari DBS yakni DBS Smart Money. Anda dapat mempelajari beragam instrumen investasi dan produk-produk perbankan sekaligus mencobanya dengan permainan yang tidak membosankan. Aplikasi game terbaru DBS Smart Money bisa langsung Anda download disini secara gratis.

Dibaca 1024 kali

Yuk Di-share BroShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUpon

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>